Example 728x250
Teknologi

Pengertian Kabel Fiber Optik Drop Core

13
×

Pengertian Kabel Fiber Optik Drop Core

Share this article
network optical fiber cables and hu
network optical fiber cables and hu

Dalam penjelasan sebelumnya mengenai Pengertian, Fungsi, dan Lapisan Kabel Fiber Optik, kali ini kami akan membahas jenis kabel fiber optik yang dikenal sebagai Drop Core atau Drop Wire.

Definisi Kabel Dropcore

Kabel drop core, juga disebut sebagai kabel drop wire, adalah salah satu jenis kabel serat optik yang digunakan untuk menghubungkan Optical Distribution Point (ODP) dengan rumah pelanggan dalam jaringan Fiber To The Home (FTTH). Umumnya, kabel ini memiliki satu inti serat optik dan dirancang untuk instalasi luar ruangan, meskipun terdapat juga versi yang dapat digunakan di dalam ruangan.

Inti dari kabel drop core terdiri dari sedikit serat optik, biasanya hanya 1 atau 2 inti. Meski demikian, kabel ini didesain untuk penggunaan baik di dalam maupun di luar ruangan, dengan lapisan pelindung yang kuat untuk menghadapi tekanan dan kondisi cuaca.

Fungsi Kabel Dropcore

Mengirimkan sinyal optik dari ODP ke rumah pelanggan.
Menyediakan koneksi internet dengan kecepatan tinggi dan stabil.
Mendukung layanan tambahan seperti TV kabel dan telepon.

Karakteristik Kabel Dropcore

  • Satu Inti Serat Optik: Kabel drop core umumnya memiliki satu inti serat optik, yang berarti hanya dapat membawa satu sinyal optik.
  • Tahan Air dan Cuaca: Kabel ini dirancang untuk tahan terhadap air dan cuaca sehingga cocok untuk penggunaan luar ruangan tanpa risiko kerusakan.
  • Ringan dan Mudah Dipasang: Kabel drop core memiliki sifat ringan dan mudah dipasang, membuat proses instalasi menjadi cepat dan sederhana.
  • Biaya Relatif Murah: Kabel drop core adalah pilihan ekonomis untuk proyek FTTH karena harganya yang relatif terjangkau.

Jenis Kabel Dropcore

  • Outdoor Dropcore: Didesain untuk penggunaan luar ruangan dengan kemampuan tahan air dan cuaca.
  • Indoor Dropcore: Didesain untuk penggunaan di dalam ruangan, tidak tahan air dan cuaca.
  • Aerial Dropcore: Dirancang untuk instalasi udara, biasanya di tiang listrik atau telepon.
  • Buried Dropcore: Dirancang untuk dikubur di bawah tanah.

Kelebihan Kabel Dropcore

  1. Kecepatan transmisi data yang tinggi.
  2. Ketahanan terhadap gangguan elektromagnetik.
  3. Jarak transmisi yang panjang.
  4. Umur pemakaian yang panjang.
  5. Memerlukan perawatan yang minimal.

Kekurangan Kabel Dropcore

  • Biaya pemasangan awal yang lebih tinggi dibandingkan kabel tembaga.
  • Kerentanan terhadap kerusakan fisik.
  • Membutuhkan keterampilan khusus untuk pemasangan.

Secara keseluruhan, kabel drop core merupakan pilihan yang ideal untuk proyek FTTH yang memerlukan koneksi internet dengan kecepatan tinggi dan stabil, serta dengan biaya yang terjangkau. Kabel ini tidak hanya tahan lama dan mudah dipasang, tetapi juga menawarkan banyak keunggulan dibandingkan kabel tembaga konvensional.

Jika Anda memerlukan berbagai jenis kabel serta aksesoris untuk perangkat Head End, jaringan internet, atau TV kabel, kunjungi situs web Falcom Technology. Falcom Technology menyediakan kabel berkualitas tinggi yang dibuat dari bahan terbaik dan dirancang untuk tahan terhadap kondisi cuaca tropis. Produk unggulan Falcom Technology termasuk Kabel Fiber Optik Falcom, Kabel LAN, Kabel Coaxial, serta berbagai aksesoris yang mendukung kebutuhan Head End dan jaringan Anda. Temukan solusi teknologi terbaik hanya di Falcom Technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *